Beauty

Cantik dengan Teknik Rias Wajah Trendi

Ada banyak cara dilakukan wanita untuk mempercantik penampilannya; tak jarang hingga melakukan langkah ekstrem seperti melakukan bedah kosmetika. Tetapi tidak semua trik tampil cantik harus diselesaikan lewat cara seperti itu, lho… dengan menguasai teknik rias wajah, Anda pun bisa tampil lebih menawan.

Menggunakan jasa perias profesional

Untuk beberapa acara penting, misalnya pernikahan atau perjamuan dengan kolega, tidak jarang orang menggunakan jasa perias profesional untuk memastikan riasan wajah yang didapatkan paripurna. Husein Yunior, makeup artist profesional yang kerap bekerjasama dengan beragam media fashion dan kecantikan, punya kiat tersendiri dalam merias para kliennya. Husein yang warga Pondok Indah ini tak ragu untuk berdiskusi dulu dengan kliennya sebelum merias. “Saya biasa menanyakan jenis makeup seperti apa yang mereka sukai; saya selalu mengajak klien untuk bertukar pikiran, supaya saya tahu bagian mana saja yang harus saya koreksi, sehingga hasil rias akhirnya akan lebih maksimal,” tutur pria yang cukup sering merias kliennya yang warga Bintaro ini.

.


 

“Bagi saya alis yang baik adalah yang serasi mengikuti bentuk wajah alami kita. Alis adalah bagian terpenting untuk membingkai wajah, jadi kalau salah bikin alis, wajah malah terlihat galak atau sedih.”


 

Rias wajah sesuai tren

Seperti halnya busana, teknik rias juga memiliki tren tahunan yang terus berkembang dan berubah. Seperti apa tren tahun ini? “Saat ini makeup natural ala bintang-bintang Korea masih tetap digemari,” kata Husein. Tak salah memang, demam Korea sedang gencar-gencarnya masuk ke Indonesia, apalagi dengan berbagai tayangan drama dan karya musik yang sering muncul di televisi. Bukan hanya melanda remaja dan anak-anak, para wanita usia dewasa pun banyak yang terinspirasi dengan gaya pop Korea ini.

Teknik contouring

Banyak orang familiar dengan teknik rias yang satu ini, yaitu teknik contouring. Teknik ini dinilai cukup efektif untuk menyiasati bentuk wajah dan hidung yang kurang ideal, misalnya yang bulat maupun lebar, menjadi lebih tirus. Saat ini banyak produk yang tersedia untuk contouring, ada yang berbentuk krim maupun powder. Warna-warnanya biasanya mengikuti warna kulit dalam range gelap, misalnya bronze, cokelat, hingga dark brown. Cara aplikasi contour pun beragam, ada yang menggunakan flat puff/sponge, beauty blender, maupun kuas khusus contour yang bentuknya miring.      Selain menggunakan teknik contouring, orang banyak juga menggunakan concealer yang manfaatnya menutupi kondisi wajah, misalnya ada bekas luka, jerawat, maupun tattoo. Penggunaan concealer ini pun harus dilakukan dengan seksama, agar tampilan wajah tetap alami.

Jangan berlebihan

Kunci penampilan cantik memang hanya satu: jangan berlebihan. Alih-alih mendapat hasil riasan yang menawan, wajah malah tampak heboh seperti lampu disko. Anda tidak ingin tampil seperti ini, bukan? “Nah, untuk bagian yang satu ini, yaitu alis, saya kurang suka mengikuti tren,” kata Husein. “Bagi saya alis yang baik adalah yang serasi mengikuti bentuk wajah alami kita.

Rias cantik ala Husein Yunior

  • Sebelum saya memulai makeup, biasanya saya mengkompres wajah klien dengan menggunakan es batu, setelah itu dikeringkan. Setelah itu barulah saya aplikasikan moisturizer yang formulanya melembapkan dan mengenyalkan kulit, sambil dipijat sesaat pada wajah. Manfaatnya adalah saat di-makeup, wajah klien sudah lebih relaks, sehingga produk-produk kosmetik akan lebih mudah terserap.
  • Cukup pulaskan highlight di bagian yang penting saja pada wajah, seperti: di bagian ujung dalam mata (agar terlihat segar), pada bagian bawah alis tapi tipis saja, dan bagian bawah mata di antara pipi. Biasanya saya bubuhkan lagi loose powder tipis agar hasil akhirnya tidak terlalu glowing.
  • Aplikasikan contour setelah pemakaian foundation, atau bisa disebut contouring dalam. Setelah itu jangan lupa di-blend secara halus dan merata agar terlihat alami. Baru tambahkan loose powder dengan mengunakan kuas, baru aplikasikan blush-on pada pipi.

 




Bukan hanya itu saja, ternyata menurut Husein, tren pemakaian highlight pada wajah juga sedang in di kalangan para wanita. Highlight merupakan sentuhan cantik yang memberi efek kulit tampak berkilau dan fresh, terutama pada bagian tulang pipi, puncak alis, maupun di bagian cupid’s bow (puncak bibir), biasanya menggunakan produk ber-glitter dengan warna champagne, golden, maupun peachy. “Tetapi dalam aplikasinya, pemakaian highlight harus diperhatikan, karena cuaca Indonesia yang cenderung lembap membuat gaya riasan ini tidak selalu cocok untuk setiap acara,” kata Husein. “Efek gemerlap ini kadang membuat wajah kita akan terlihat sangat berminyak, terlebih di kondisi cuaca yang panas. Jadi sebaiknya agak berhati-hati dalam aplikasinya.”

Alis adalah bagian terpenting untuk membingkai wajah, jadi kalau salah bikin alis, wajah malah terlihat galak atau sedih.” Jadi saat membentuk alis, usahakan untuk tetap mengikuti alis alami Anda, tidak melengkung tajam, tidak terlalu tebal, atau tidak terlalu tipis. Saat ini banyak juga tutorial alis di media sosial yang bisa Anda coba terapkan, untuk mendapatkan hasil yang paling pas.

Artikel pernah dimuat di majalah Etalase Bintaro edisi April 2018.

 

11 thoughts on “Beauty”

  1. Great – I should definitely pronounce, impressed with your site. I had no trouble navigating through all the tabs and related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, site theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task..

  2. Cialis puede ayudar a tener una erección cuando ocurra la estimulación sexual. Las bebidas alcohólicas pueden disminuir el efecto de la pastilla y afectar la estabilidad del hombre, ocasionando mareos, por eso se recomienda no excederse. Una vez más, insisto, vapor mejorará, vapor perjudicará. El médico pregunta si el deseo sexual se acompaña de una erección completa y suficiente como para mantener relaciones sexuales y si el sujeto tiene erecciones durante el sueño o por la mañana al despertarse.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *