Perfection in Perspective

Seni rancang bangun modern di berbagai kota besar dunia: spektakuler!

Keindahan seni dapat diinterpretasikan dalam bentuk apa saja; rancangan gedung salah satunya. Seiring gaya hidup modern dan industri seni rupa yang makin dinamis, para arsitek pun ikut berlomba-lomba menghadirkan karya arsitektur yang tak hanya fungsional, namun juga memiliki nilai estetis yang mengagumkan.

Berikut ini adalah beberapa bangunan di dunia yang unik dan memiliki nilai seni yang tinggi:

METROPOL PARASOL

Image by martine87 from Pixabay

Kalau Paris punya Menara Eiffel, Seville punya Metropol Parasol. Bangunan yang menjadi bangunan berstruktur kayu terbesar di dunia ini kini diakui sebagai salah satu city landmark di Spanyol. Metropol Parasol yang berstruktur layaknya waffle ini selesai dibangun pada April 2011, berlokasi di Plaza de la Encarnacion. Didesain oleh arsitek Jerman yang terkenal, J. Mayer-Hermann, Metropol Parasol menjadi ikon baru kota Seville. Berkat bangunan ini juga lah, Seville semakin diapresiasi publik sebagai destinasi kebudayaan yang multi-kultural.

Estetis Geometris

Metropol dirancang dengan menggunakan panel-panel kayu yang saling terjalin dan diperkuat dengan baja, membentuk struktur payung kanopi (parasol) berbentuk jamur dan berjumlah enam buah. Menurut arsiteknya, bentuk bangunan ini terinspirasi dari kubah katedral Seville dan juga pohon beringin yang tumbuh di lokasi tersebut. Bangunan ini dirancang menjadi ‘katedral tanpa dinding’ yang terkesan lebih demokratis. Melalui bentuk geometrisnya yang tidak biasa, saat dilihat dalam berbagai sudut, Metropol Parasol memanjakan mata dengan panorama yang fantastis, juga kreatif.

Multi fungsi

Bentuk kontemporernya yang fashionable dianggap sangat mewakili gaya hidup kaum urban modern. Metropol Parasol difungsikan sebagai pusat kegiatan sosial dan kebudayaan, museum arkeologi, pusat perbelanjaan, juga plaza. Para pengunjung pun juga semakin nyaman saat mengunjungi tempat ini karena dapat beristirahat di restoran dan bar dan menikmati panorama yang indah. Tak hanya di siang hari, pada malam hari pun dengan tatanan lampu yang strategis, panorama kota Seville dari ketinggian menjadi makin memukau.

GARDENS BY THE BAY

Singapura kembali menghadirkan city landmark yang tak kalah menariknya dari Esplanade Theatres on the Bay, berupa bangunan parabolic yang difungsikan sebagai konservatorium botani, dengan nama Gardens by the Bay. Terletak di distrik Marina Bay yang sedang naik popularitasnya, Cooled Conservatories berluas 101 hektar ini menjadi lokasi kunjungan wisata yang menarik, bukan hanya untuk menikmati aneka flora yang ada di dalamnya, tetapi juga bentuk bangunannya yang istimewa.

Konstruksi kurva

Karena berfungsi sebagai ‘rumah kaca’ terbesar di dunia, struktur bangunan konservatorium ini dirancang dengan bentuk kurvalinier dengan memperhatikan faktor sustainability sebagai fokus utama. Setiap bagian bangunan akan saling berhubungan dan menunjang keberlangsungan ‘ekosistem’ buatan yang ada di dalamnya. Kerangka atapnya disusun sedemikian rupa sehingga banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalamnya dapat terserap secara optimal. Dalam taman ini pun diperasikan komputer yang secara khusus mengendalikan sistem pencahayaan, pengatur suhu dan kelembapan, hingga pengairan serta pemanfaatan gas buang.

Mereplikasi iklim

Dinobatkan sebagai Building of the Year pada tahun 2012 oleh World Architectural Festival, struktur bangunan yang dirancang oleh arsitek Inggris, Wilkinson Eyre, dengan menggunakan kaca dan baja ini sekaligus juga dapat mereplikasi iklim yang diperlukan oleh flora tertentu yang ditanam di dalamnya; kering di satu bagian, sementara lebih lembap pada bagian yang lain. Karena itulah, sebanyak 250 ribu tumbuhan langka dari seluruh penjuru dunia dapat tumbuh di dalam konservatorium ini karena iklimnya dirancang semirip mungkin dengan daerah asalnya.

ABSOLUTE WORLD

Kanada boleh berbangga hati karena bangunan pencakar langit yang didirikan di Mississauga, Ontario pada tahun 2012 ini berhasil memikat hati banyak pecinta arsitektur dan seni. Kondo kembar Absolute World, atau yang oleh masyarakat di sekitar dijuluki sebagai tower Marilyn Monroe ini merupakan bangunan residensial dengan profil yang unik. Terinspirasi dari keindahan bentuk tubuh artis tersebut, kedua bangunan ini menjulang hingga 50 dan 56 lantai dengan profil berlekuk pada bagian tengah, mirip dengan jam pasir dengan balkon yang saling berhubungan dan lantai berbentuk elips.

Sensasi sensual

Bukan hanya ketinggiannya saja yang membuat bangunan ini terlihat menakjubkan; kesan sensual yang tampak dari bentuk dan juga material yang digunakan juga luar biasa. Bangunan yang biasanya secara geometris berbentuk ortogonal dengan garis-garis tegak lurus sama sekali tidak tampak pada bangunan ini; yang ada hanya kurva dan lengkungan, dengan material serba kaca, beton dan baja. Akibatnya, dalam setiap sudut akan memberikan panorama yang berbeda, (hal ini diistilahkan dengan ‘drama visual’) yang semuanya sayang untuk dilewatkan.

Kesan emosional

Adalah MAD Architects, tim arsitektur asal Beijing yang menjadi pihak yang paling punya andil dalam konsep unik kondominium ini. Menurut penuturannya, arsitek muda yang namanya langsung melejit ini ingin memberi kesan yang berbeda pada bangunan yang dirancangnya, dengan sentuhan emosional yang ramah untuk siapa saja. Sudah tentu idenya menuai sukses; sejak diluncurkan, kedua tower ini sold out dalam beberapa hari saja. Rencananya, Absolute World akan dikembangkan hingga lima tower.

TAHUKAH ANDA?

Bangunan berikut ini juga mengandung nilai seni tinggi dan tak kalah menariknya:

  • Guangzhou Opera House, Guangzhou: Gedung pertunjukan karya Zaha Hadid Architech ini dibangun pada tahun 2010 dengan menggunakan panel kaca dan granit, berkapasitas hingga 1800 kursi.
  • Burj Khalifa, Dubai: Bangunan yang menjadi gedung tertinggi di dunia ini menjulang di atas padang pasir Dubai setinggi lebih dari 800 meter.
  • Harpa Concert & Conference Center, Islandia: Dibangun dengan menggunakan kaca multiwarna yang disusun strategis, bangunan ini memantulkan panorama kota secara kaleidoskopis sehingga terlihat unik dan menakjubkan.

Artikel ini pernah dimuat dalam majalah BCA Prioritas no. 55 tahun 2013.

13 thoughts on “Perfection in Perspective”

  1. Excellent beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how can i subscribe for a blog website? The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

  2. Thanks for your marvelous posting! I actually enjoyed reading it, you are a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back later on. I want to encourage you to ultimately continue your great work, have a nice day!

  3. Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with some pics to drive the message home a bit, but other than that, this is fantastic blog. A great read. I will certainly be back.

  4. This design is spectacular! You most certainly know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Fantastic job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  5. I’ve been surfing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It’s pretty worth enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made good content as you did, the web will be much more useful than ever before.|

  6. With havin so much content do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation? My website has a lot of exclusive content I’ve either created myself or outsourced but it seems a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any methods to help prevent content from being ripped off? I’d certainly appreciate it.|

  7. You actually make it appear so easy together with your presentation but I in finding this matter to be actually one thing that I think I would by no means understand. It kind of feels too complex and extremely wide for me. I am taking a look forward for your next publish, I will attempt to get the grasp of it!

  8. Truly mind blowing blog went amazed with the subject they have developed the content. These kind of posts really helpful to gain the knowledge of unknown things which surely triggers to motivate and learn the new innovative contents. Hope you deliver the similar successive contents forthcoming as well.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *