Movie Geniuses

Geniuses Behind the Remakes

Tak cukup hanya cerita yang menarik, film yang sukses juga harus mendapat sentuhan kreatif orang-orang di belakangnya.

By IB

Bagi Anda yang memerhatikan industri perfilman dunia, tentu mengetahui bahwa akhir-akhir ini banyak film layar lebar yang mencoba mengangkat kembali kisah-kisah klasik yang masih digemari penonton, misalnya Cinderella, Jack and the Beanstalk, Rapunzel, Les Miserables, dan lain-lain. Di balik kemegahan film-film itu, tak lepas dari kreativitas dan ide cemerlang dari para sutradara dan pemain yang berhasil mengemas kisah yang sudah begitu familar menjadi film segar dan tidak membosankan. Berikut ini beberapa di antaranya.

Industri film masa lalu yang didominasi film musikal sangat menarik dan memberi tantangan tersendiri bagi para pembuat versi barunya. 

Sutradara bertangan dingin

Orang yang paling bertanggung jawab atas penghayatan peran dan diet super ketat Hugh Jackman dan Anne Hathaway dalam film Les Miserables adalah Tom Hooper, sutradara film dan televisi asal Inggris-Australia. Hooper menyutradarai beberapa serial televisi, seperti Prime Suspects (2003), juga film layar lebar seperti Red Dust (2004), Elizabeth I (2005), serta film sukses The King’s Speech (2010). Saat ditanya mengenai ketertarikannya mengangkat kembali kisah klasik Les Miserables dalam konsep film musikal, Hooper memaparkan bahwa dirinya begitu terpesona akan film-film klasik seperti The Sound of Music, Cabaret, Fiddler on the Roof, juga West Side Story. Menurut Hooper yang dijuluki ’tough-director’ ini, industri film masa lalu yang didominasi film musikal sangat menarik dan memberi tantangan tersendiri baginya.

Sutradara lain yang juga kerap mengangkat kisah-kisah lama adalah Kenneth Branagh yang juga adalah aktor, produser, dan penulis naskah yang kerap terlibat dalam produksi film-film bermutu, di antaranya Henry V, Hamlet, Much Ado About Nothing, Othello, Harry Potter, Valkyrie, dan sebagainya. Karyanya yang terbaru adalah film Cinderella yang dibintangi oleh Lily James dan Cate Blanchett. Salah satu trik yang dilakukannya untuk menarik perhatian para penonton di film Cinderella adalah dengan mengadaptasi situasi asli di dalam Buckingham Palace sebagai interior istana lokasi pesta dansa Cinderella, berkat pengalamannya masuk ke dalam istana Ratu Elizabeth tersebut saat pengukuhan gelar kebangsawanannya pada tahun 2012. Baginya, sangat penting untuk membuat sentuhan yang berbeda dalam film ini, terutama karena adanya interpretasi yang begitu kuat dari film animasi klasik karya Disney di tahun 1950.

Gemerlap para bintang  

Peran seorang aktor dalam film remake juga merupakan salah satu poin penting yang menarik minat penonton. Salah satu aktris yang sering diajak bekerjasama dalam film bertema klasik adalah Cate Blanchett. Wanita asal Australia ini telah banyak mendapatkan penghargaan dari film-filmnya, terutama saat ia memerankan Ratu Elizabeth I pada tahun 1998. Di film ini ia dianugerahi penghargaan BAFTA, Golden Globe, juga menjadi nominasi Academy Award. Di film terbarunya, Cinderella, Cate dipercaya untuk memerankan ibu tiri yang jahat, dan segera banyak mendapat pujian karena penjiwaan karakternya yang begitu baik. Ia dinilai berhasil memberi angin segar pada karakter antagonis yang biasanya dibenci oleh penonton. Film-film sukses Cate yang lain di antaranya The Talented Mr. Ripley (1999), trilogi The Lord of the Rings (2001–2003), tilogi The Hobbit (2012–2014), The Curious Case of Benjamin Button (2008), dan How to Train Your Dragon 2 (2014).

Bicara tentang film drama klasik, ada satu nama yang tidak boleh ketinggalan, yaitu Kiera Knightley. Sejak penampilannya sebagai Elizabeth Bennet dalam mini seri Pride and Prejudice (2005), sederetan film adaptasi klasik juga dibintanginya, seperti Atonement (2007), Silk (2007), The Duchess (2008), A Dangerous Method (2011), dan Anna Karenina (2012). Ia juga tampil dalam berbagai genre film layar lebar, misalnya Love Actually (2003), King Arthur (2004), juga Pirates of the Carribean (2003-2007). Tak hanya bermodalkan wajah cantik dan aksen Inggris yang kental, Keira dinilai selalu bisa memperkuat karakter klasik dalam film-film yang dibintanginya.

Aktor kawakan yang juga sering diajak bekerjasama dalam film maupun aksi panggung bertema klasik adalah Hugh Jackman. Para sutradara mengagumi aktor asal Australia ini salah satunya karena komitmennya untuk bisa mendalami karakter hingga tak segan-segan menjalani diet super ketat atau olahraga keras demi membentuk otot atau figur seperti karakter yang ia perankan. Konon, saat berperan sebagai Jean Valjean di Les Miserables, Jackman nyaris mengalami dehidrasi karena sangat membatasi cairan tubuhnya, agar figurnya benar-benar menyerupai seorang narapidana yang tersiksa! Tak sia-sia, perannya itu membuahkan nominasi Academy Award-nya yang pertama, juga anugerah piala Golden Globe sebagai Best Actor – Motion Picture Musical or Comedy pada tahun 2013.

Jadi, tak selamanya kisah lama yang diangkat kembali ke layar lebar membosankan dan tidak menarik. Di tangan sutradara dan pemain yang punya ide kreatif dan trik jitu, film-film remake tetap bisa meraih sukses dan memanjakan mata penontonnya.

Artikel pernah dimuat di Majalah Mandiri Prioritas Edisi Maret 2015.

19 thoughts on “Movie Geniuses”

  1. Hey there just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the pictures aren’t loading correctly. I’m not sure why but I think its a linking issue. I’ve tried it in two different browsers and both show the same outcome.|

  2. Pingback: hydroxychloroquine and remicade

  3. Pingback: hydroxychloroquine pills for horses

  4. Pingback: hydroxychloroquine for sale canada

  5. Pingback: canadian hydroxychloroquine

  6. Pingback: cost of ivermectil from roman

  7. Pingback: priligy brand name in india

  8. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my
    blog that automatically tweet my newest twitter updates.
    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and was
    hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your
    blog and I look forward to your new updates. http://www.deinformedvoters.org/viagra-generic

  9. Pingback: stromectol penicillin

  10. Pingback: do you need a prescription for ivermectin

  11. Pingback: stromectol for lung infection

  12. Pingback: prednisone for bursitis

  13. Pingback: stromectol capsule price

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *