Indonesia, Heaven on Earth

Tak hanya Bali, daerah-daerah lain di Indonesia juga kaya dengan wisata alam yang indah.

Tanah airku Indonesia, negeri elok alam kucinta, tanah tumpah darahku yang mulia, yang kupuja sepanjang masa. Potongan lirik lagu tersebut memang tidak berlebihan dalam mengungkapkan keindahan Indonesia dengan alamnya yang memesona. Sudah sewajarnya bila kita sebagai warga negara Indonesia turut melestarikan dan mencintai keindahan tanah air dengan berkunjung ke lokasi-lokasi wisatanya yang beragam. Ini dia, beberapa lokasi wisata di Indonesia yang juga mendapat apresiasi oleh komunitas-komunitas travel maupun media luar negeri.

LOMBOK

Wisatawan lokal maupun mancanegara mungkin sudah sangat terbiasa dengan berlibur ke pulau dewata. Namun ada satu pulau lagi yang tak jauh dari Bali, yang juga punya potensi dan keindahan alam yang tak kalah indahnya: Lombok.

Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Banyak yang bisa Anda kunjungi saat berada di pulau ini, di antaranya Pantai Senggigi, Batu Bolong, maupun Gili. Pantai Senggigi adalah salah satu yang paling digemari wisatawan, karena panorama pantainya yang indah dengan pasir yang berwarna putih dan sebagian berwarna hitam, juga air lautnya yang bersih. Ombak di pantai ini juga tergolong tenang, sehingga menyenangkan untuk Anda dan keluarga yang ingin menikmatinya sambil berenang.

Di dekat pantai Senggigi, terdapat sebuah pura yang disebut Pura Batu Bolong, yang didirikan di atas sebuah batu berwarna hitam dengan posisi menjorok ke laut. Pura yang berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali ini memberi atmosfer spiritual yang tenang bagi umat Hindu yang akan beribadah di sini, maupun para wisatawan yang berkunjung. 

Saat di Lombok, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Gili yang juga punya panorama alam yang indah. Gili adalah pulau-pulau kecil yang terletak di lepas barat laut pulau Lombok. Di antara pulau-pulau tersebut, yang paling rmai wisatawan adalah Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Kawasan di ketiga pulau ini dikenal memiliki taman laut dengan aneka habitatnya yang tetap terjaga. Kalau snorkeling ataupun menyelam adalah kegiatan favorit Anda, sudah tentu lokasi wisata ini harus Anda kunjungi.

Menginap di mana di Lombok?

  • The Lombok Lodge – Travelers’ Choice® 2015 Winner Best Service versi TripAdvisor.com – Jalan Oberoi, Desa Medana, Tanjung – http://www.thelomboklodge.asia/
  • The Oberoi – Pantai Medana, Tanjung, Lombok Utara – http://www.oberoihotels.com/
  • Sudamala Suites & Villas Senggigi – Travelers’ Choice® 2015 Winner Top Hotels versi TripAdvisor.com – Jalan Raya Mangsit, Senggigi

Pulau Komodo

Di daerah Nusa Tenggara, masih ada keindahan alam yang tak kalah menariknya, yaitu pulau Komodo. Menurut media Herald Sun, Pulau Komodo termasuk dalam 3 Top Holiday Spots yang perlu dikunjungi oleh wisatawan. Pulau ini sudah diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO karena habitatnya yang khas, yaitu hewan komodo. Populasi komodo di Taman Nasional Komodo adalah sekitar 1300 ekor. Ditambah dengan habitat di pulau lain, seperti Pulau Rinca dan dan Gili Motang yang ada di sekitarnya, jumlah komodo yang hidup di kawasan ini adalah sekitar 2500 ekor.

Selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam, misalnya kayu sepang yang menurut warga sekitar secara tradisional digunakan sebagi obat dan bahan pewarna pakaian. Selain itu, warga juga mengenal pohon nitak atau sterculia oblongata yang diyakini juga berguna sebagai obat dan bijinya biasa dikonsumsi karena rasanya yang gurih dan enak seperti kacang polong.

Beberapa waktu lalu, pulau ini sempat ramai diberitakan karena salah satu bintang dunia, Gwyneth Paltrow, sempat berkunjung ke pulau ini bersama anak-anaknya. Menurut komentarnya yang diunggah dalam laman pribadinya goop.com, Gwyneth secara pribadi sangat kagum dengan keindahan alam dan habitat pulau Komodo yang tetap terjaga. Bahkan ia menyatakan bahwa pengalamannya ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan.

Menginap di mana di Pulau Komodo?

Silolona Sojourns

Bila Anda ingin menikmati petualangan eksklusif seperti Gwyneth Paltrow, setiap bulan Maret dan April, kapal Silolona mengarungi samudera di Indonesia bagian timur, yaitu dari pulau Komodo menuju Raja Ampat. Kapal Silolona adalah kapal phinisi yang dirancang khusus untuk wisata, dan secara eksklusif menyediakan fasilitas lengkap kelas bintang 5 untuk para wisatawan. Anda pun bisa merancang private journey sendiri!

Pulau Sumba

Bila Anda baru-baru ini sempat menonton film ’Pendekar Tongkat Emas’ karya Mira Lesmana, tentunya Anda tahu bahwa lokasi film ini berada di pulau Sumba. Pulau ini terletak di bagian barat daya Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) di sebelah selatan pulau Flores dan di sebelah barat daya pulau Timor. Sumba kaya akan panorama berbukit-bukit dengan padang savana yang sangat luas, juga kampung adat yang eksotis.

Selain itu, Sumba juga memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan, seperti Danau Weekuri yang merupakan danau air payau yang jarang ditemukan di Indonesia, juga pantai Pero dan Kondamaloba yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Keindahan Sumba juga sempat disinggung sebagai salah satu dari Top 10 Destination to Watch in 2014 oleh laman CNTraveller (http://www.cntraveller.com/).

Menginap di mana di Sumba?

  • Nihiwatu Resort – Tatler Travel Awards Best Resort in the World: Style & Soul 2014 – http://www.nihiwatu.com/
  • Sumba Nautil Resort – Jalan Kartini no. 16, Waikabukak, Sumba – http://www.sumbanautilresort.com/

Pulau Bintan

Bintan merupakan pulau terbesar di Kepulauan Riau yang membentang dari Selat Malaka ke Laut China Selatan. Lokasi pulau ini terbilang sangat strategis karena terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka dan dari sejarahnya merupakan tempat singgah favorit bagi kapal dagang India dan Tiongkok untuk berlindung dari badai dan mengisi perbekalan.

Tujuan wisata di pulau ini adalah pantai yang spektakuler yang berada di utara pulau dengan luas 23.000 hektar dengan pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Pulau ini juga memiliki jejak sejarah yang memukau di Tanjung Pinang dan Penyengat. Bintan adalah lokasi yang cocok untuk surfing dan ekowisata. Karena pantai dan lautnya termasuk bersih dan dikelola dengan baik, Bintan merupakan potensi wisata yang menjanjikan bagi wisatawan setelah Bali dan lokasi pantai lainnya. Keindahan Bintan juga sempat menjadi salah satu lokasi menarik yang dibahas oleh laman CNTraveller.

Menginap di mana di Bintan?

  • The Sanchaya – Jalan Gurindam Duabelas Plot 5 Lagoi Bay, Pulau Bintan – http://www.slh.com/
  • Bintan Agro Beach Resort & Spa – Jalan Pantai Trikora Km 36, Pulau Bintan – http://www.agrobeach.com/

Artikel ini pernah dimuat di Majalah Mandiri Prioritas edisi Mei 2015.

11 thoughts on “Indonesia, Heaven on Earth”

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to mention that I have really enjoyed surfing around your blog posts. In any case I will be subscribing for your feed and I hope you write once more soon!|

  2. Great goods from you, man. I have take into account your stuff prior to
    and you’re simply extremely magnificent. I really like what you’ve received right here, certainly
    like what you’re stating and the way in which you are saying it.
    You’re making it entertaining and you still take care of to
    keep it smart. I cant wait to read far more from you.
    This is actually a tremendous web site. http://antiibioticsland.com/Augmentin.htm

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *