WRITING

Opinion & Thoughts

Commenting about stuff is a human thing; I read, I think, then I write.  

NEWS

Today's Headline - A Reaction

Menyikapi Interview Prince Andrew dengan BBC soal Epstein

Sudah saya duga bahwa kasus Epstein ini tidak bakal selesai dengan “bunuh diri”-nya Epstein di penjara. Terlalu banyak kejanggalan di sana, seperti yang sudah saya komentari di post sebelumnya.

Sekarang, orang-orang penting yang diduga pernah berinteraksi dengan Epstein mulai terseret. Dari Bill Gates, lalu Prince Andrew.

I am with You, Greta

“I shouldn’t be up here. I should be back in school on the other side of the ocean. Yet you all come to us for hope. How dare you. You have stolen my dreams and my childhood with your empty words,” teriak Greta Thunberg, gadis Swedia berusia 16 tahun yang kini aktif sebagai aktivis lingkungan dalam pidatonya di Climate Action Summit 2019 di New York.

 

Why “Sleepless in Seattle” is Amazing (for me)

It got me good. Every single time. Hari ini, August 27, 2019, saya tertarik membaca salah satu artikel di The Cut, karya Maggie Fremont yang judulnya “I Think About This a Lot: Tom Hanks’s Best Line in Sleepless in Seattle”. Gara-gara artikel ini juga, saya jadi ikut mikir, hmmm, saya kan juga penggemar film ini ya, apa yang saya paling ingat dari film ini?

 

Gallery of Words

Keindahan seni dapat diinterpretasikan dalam bentuk apa saja; rancangan gedung salah satunya. Seiring gaya hidup modern dan industri seni rupa yang makin dinamis, para arsitek pun ikut berlomba-lomba menghadirkan karya arsitektur yang tak hanya fungsional, namun juga memiliki nilai estetis yang mengagumkan.

 

Kucing memang hewan yang sepertinya berkarakter manja, walaupun tak jarang perilakunya berubah-ubah sesuai suasana hatinya: sebentar ingin dimanja, dielus, digelitik perutnya, lalu tiba-tiba malah mencakar atau menggigit. Maunya apa sih, Pus? Ini analisis ilmiahnya. 

Ada banyak cara dilakukan wanita untuk mempercantik penampilannya; tak jarang hingga melakukan langkah ekstrem seperti melakukan bedah kosmetika. Tetapi tidak semua trik tampil cantik harus diselesaikan lewat cara seperti itu, lho… dengan menguasai teknik rias wajah, Anda pun bisa tampil lebih menawan.

Bangsa China sejak dulu dikenal sebagai bangsa petualang yang komunitasnya menyebar ke seluruh dunia. 

Meski jutaan rakyatnya sudah sedemikian menyebar, namun jejak tradisi, kepercayaan dan budayanya selalu dipertahankan, salah satunya dengan dibangunnya kuil sebagai tempat peribadatan mereka yang umumnya menganut agama Buddha atau Tao.

Bila menyebut kata ‘dessert’, mungkin yang pertama terbayang di benak kita adalah sajian-sajian manis, dingin, dan berkrim yang kerap dihidangkan sebagai menu penutup saat makan ala Barat. 

Karena selalu disajikan setelah makanan utama yang umumnya bercita rasa gurih atau asin, maka dessert yang lezat seperti cakes, cookies, gelatinepastries, es krim, atau pie yang bercita rasa manis selalu dinantikan dan menjadi penutup yang menyenangkan.

Bila ditilik dari tradisi Jawa kuno, biasanya seorang ayah diwajibkan untuk menghadiahkan sebilah keris kepada anak lelakinya saat menginjak usia dewasa. Selain sebagai lambang pertahanan dan harga diri, keris dianggap punya nilai edukasi yang perlu diketahui oleh seorang anak yang telah dewasa. Di masa modern kini, keris terbilang masih diperlakukan secara istimewa oleh beberapa pihak, walaupun mungkin nilai edukasi yang dulu sangat kental sudah mulai berkurang seiring perkembangan zaman.

Berlibur di pulau pribadi yang hanya bisa dijangkau oleh kapal atau pesawat udara kini semakin banyak diminati mereka yang jemu dengan hiruk-pikuknya resort atau tempat wisata lainnya. Selain menjanjikan privasi dan bebas dari gangguan orang lain, pulau-pulau yang didesain khusus sebagai ’surga dunia’ ini tetap nyaman di tengah panorama indah. 

Di kota-kota besar di Indonesia, saat ini banyak tempat yang menyediakan menu High Tea untuk sajian di sore hari. Sebenarnya apa itu High Tea? Bagaimana sejarahnya? Bagaimana cara paling sopan untuk menikmati secangkir teh saat High Tea?

Bedoyo Ketawang selama bertahun-tahun digelar setahun sekali di Keraton Solo, untuk memperingati hari penobatan sultan atau raja. Begitu agungnya tarian ini, bahkan ketika keraton Solo terbakar beberapa tahun lalu, tari Bedoyo Ketawang tetap digelar walaupun dipindahkan ke lokasi keraton yang tidak ikut terbakar.

Bagi Anda yang memerhatikan industri perfilman dunia, tentu mengetahui bahwa akhir-akhir ini banyak film layar lebar yang mencoba mengangkat kembali kisah-kisah klasik yang menarik. Di balik kemegahan film-film itu, tak lepas dari kreativitas dan ide cemerlang dari para sutradara dan pemain yang berhasil mengemas kisah yang sudah begitu familar menjadi film segar dan tidak membosankan.

 

Indonesia memang punya keindahan alam yang memesona. Sudah sewajarnya bila kita sebagai warga negara Indonesia turut melestarikan dan mencintai keindahan tanah air dengan berkunjung ke lokasi-lokasi wisatanya yang beragam. Mau ke mana?

Ada istilah yang mengatakan bahwa ”mempertahankan prestasi lebih sulit daripada memperjuangkannya” hal ini tidak meleset memang, terutama dalam industri perfilman yang memiliki persaingan dan tekanan yang sangat keras. 

Laut sudah menjadi bagian dari kehidupan dan kebanggaan masyarakat Indonesia sejak dulu. Seiring perkembangan jaman, kecintaan terhadap laut tetap lestari, namun upscale-nya adalah kini memanfaatkan moda transportasi istimewa: yacht.

“You don’t start out writing good stuff. You start out writing crap and thinking it’s good stuff, and then gradually you get better at it. That’s why I say one of the most valuable traits is persistence.” ― Octavia E. Butler