Private Leisure in Private Islands

Nyamannya menikmati waktu senggang di pulau tanpa penghuni lain.

Berlibur di pulau pribadi yang hanya bisa dijangkau oleh kapal atau pesawat udara kini semakin banyak diminati mereka yang jemu dengan hiruk-pikuknya resort atau tempat wisata lainnya. Selain menjanjikan privasi dan bebas dari gangguan orang lain, pulau-pulau yang didesain khusus sebagai ’surga dunia’ ini tetap nyaman di tengah panorama indah. Berikut ini adalah beberapa pulau pribadi terbaik dengan fasilitas eksklusif.

BELIZE

Terletak di pesisir timur Amerika Tengah, diapit Laut Karibia di bagian timur dan hutan di sisi barat, Belize terkenal akan keindahan pantainya dan eco-lodge (penginapan bergaya hidup hijau), juga berbagai aktivitas menarik seperti scuba diving, snorkeling, dan sportfishing.  Tempat ini juga digemari wisatawan karena kaya akan peninggalan suku Maya yang eksotis.

Cayo Espanto adalah salah satu resort bintang lima yang terletak di pulau berpasir yang terletak sekitar lima kilometer dari pulau terbesar di Belize – Ambergris Caye – yang dikelola sebagai wisata pulau pribadi. Di pulau ini dibangun delapan buah villa yang saling terpisah, tujuh di antaranya terletak di sisi utara dan selatan pulau, dan satu villa, Ventanas, dibangun di ujung dermaga sepanjang 45 meter di atas laut di sisi timur pulau. Seluruh villa di tempat ini dibangun dengan struktur kayu dengan interior rotan. Dengan sekeliling yang ditumbuhi pepohonan kelapa, suasana liburan tropis dengan privasi yang terjaga akan semakin terasa.

Untuk menjangkau pulau ini, para wisatawan dapat menggunakan kapal boat dari San Pedro dengan durasi perjalanan hanya 7 menit saja. Bagi wisatawan yang naik pesawat udara, maskapai penerbangan seperti American Airlines, United Airlines, US Airways, dan Delta Airlines juga melayani penerbangan hingga Belize City. Dari bandara internasional Phillip S. W. Goldson di Belize City, para tamu akan dijemput oleh petugas perwakilan resort dan diantar untuk menaiki pesawat lokal ke San Pedro, atau melalui penerbangan langsung ke resort dengan helikopter.

Meskipun Belize bercuaca panas hampir sepanjang tahun, waktu yang paling ideal untuk mengunjungi lokasi ini adalah antara bulan Desember hingga April.

Informasi dan reservasi:

  • Cayo Espanto: www.aprivateisland.com (minimal lamanya menginap di resort ini adalah selama 4 hari).

Foto: Dok. Cayo Espanto – www.aprivateisland.com

Seychelles

Seychelles adalah kepulauan yang terletak di Samudera Hindia di pesisir timur benua Afrika, yang terkenal akan keindahan pantai dan terumbu karangnya. Selain kaya akan aktivitas laut, wisata fauna di Seychelles juga menarik karena merupakan habitat dari kura-kura raksasa langka, Aldabra.

Di antara 115 pulau yang mengelilingi Seychelles, pulau yang dibangun menjadi lokasi wisata pulau pribadi di antaranya adalah North Island, Frégate Island Private, dan Denis Island. Sesuai dengan namanya, North Island terletak di sisi paling utara Seychelles, menawarkan wisata konservasi alam dan private resort dengan kapasitas 11 villa yang luas dan mewah. Uniknya, di tempat ini Anda tidak akan menemukan habitat kucing, tikus, dan babi karena seluruh fauna ini sudah dipindahkan oleh pengelola, yaitu Wilderness Safaris. Bahkan hampir setengah vegetasi di pulau ini juga dipindahkan, diganti dengan berbagai tumbuhan dan fauna langka, seperti kura-kura raksasa, kelelawar, dan bermacam-macam burung.

Seluruh villa di North Island dibangun berjauhan di sekitar area konservasi dengan menggunakan kayu-kayu lokal yang didapatkan tanpa penebangan (reclaimed woods). Salah satu arsitek resort ini, Silvio Rech, menyebutkan bahwa resort ini adalah mengadaptasi gaya ’haute couture ala Robinson Crusoe’, yang memanfaatkan seluruh benda yang tersedia secara alami. Itu juga yang menyebabkan seluruh petugas resort tak ada yang mengenakan alas kaki selama berada di area wisata. 

Bila Anda ingin menikmati liburan dengan fasilitas kolam renang pribadi, dining pavilion yang dilengkapi dengan butler, Frégate Island Private adalah lokasi yang tepat. Di tempat ini Anda bisa menikmati waktu santai yang lebih konvensional, terutama bila berwisata bersama anak-anak, karena di pulau ini tersedia yacht club dan kids club. Sebagai alternatif, Denis Island juga menawarkan wisata pulau pribadi yang nyaman, dengan akomodasi sebanyak 3 villa dan 22 cottages.

Untuk menjangkau pulau-pulau ini, setibanya di Mahé, yaitu pulau utama dan yang terbesar di Seychelles, para tamu akan diantarkan dengan menggunakan helikopter dengan durasi penerbangan sekitar 20 menit. Anda bisa berkunjung ke pulau ini kapan saja, namun antara bulan Juni hingga September, cuaca di Seychelles terbilang lebih kering dan tidak terlalu lembap, dengan suhu udara sekitar 24°C hingga 28°C.

Informasi dan reservasi:

  • North Island: www.north-island.com 
  • Frégate Island Private: www.fregate.com (minimal lamanya menginap adalah 3 hari)
  • Denis Island: www.denisisland.com

Foto: dok. fregate, denisisland, north-island

Indonesia

Siapa bilang pulau-pulau pribadi hanya ada di negeri orang? Ternyata di tanah air kita sendiri, ada beberapa pulau yang sudah ’disulap’ menjadi tempat wisata pribadi dengan fasilitas yang tak kalah eksklusifnya; di antaranya adalah di Pulau Nikoi dan Telunas Resort.

Awal dari dikembangkannya pulau Nikoi yang letaknya tak jauh dari pulau Bintan adalah pada tahun 2003. Pulau ini luasnya sekitar 15 hektar dengan pantai yang bersih, formasi batuan dan karang yang unik, serta lebat ditumbuhi pepohonan Banyan dan mangrove. Sejak awal dibuka pada tahun 2007, Nikoi sudah berubah menjadi lokasi wisata yang nyaman, dengan clubhouse berlantai pasir pantai, kolam renang, juga rumah-rumah penginapan yang dibangun menggunakan driftwood (kayu apung) dan kayu lokal, juga dihiasi rumput alang-alang, seiring dengan konsep eco-living dan boho yang mereka miliki. Nikoi sangat nyaman bagi Anda yang ingin menikmati tiupan angin laut dan semua yang serba alami.

Selain Nikoi, di kepulauan Riau juga ada sebuah pulau yang dikembangkan khusus sebagai lokasi wisata pribadi, Telunas Resort. Tempat liburan ini benar-benar mengajak Anda untuk menyepi sejenak, karena di tempat ini Anda tidak akan terganggu suara TV, telepon, maupun internet. Villa-villa di pulau ini dibangun di atas laut, sehingga panorama yang Anda dapatkan adalah birunya laut dan hijaunya pepohonan di pulau dalam wide-angle. Meski berkonsep ’menyepi’, semua tamu tidak akan merasa jemu karena tersedia berbagai aktivitas darat dan laut seperti star gazing, paddle boarding, mangrove touring, juga jungle-waterfall trekking

Untuk berkunjung ke pulau ini, seluruh tamu yang sudah tiba di Batam (Telunas Resort) dan Bintan (Nikoi) akan dijemput oleh staf resort yang akan mengantarkan ke lokasi dengan menggunakan kapal boat.  

Informasi dan reservasi:

  • Nikoi: www.nikoi.com
  • Telunas Resort: www.telunasresorts.com/private-island/

The Phillipines

Salah satu dari 45 pulau kecil yang berada di kepulauan Cuyo, propinsi Palawan, Filipina, terdapat sebuah pulau tropis yang berpasir putih dengan dipayungi pepohonan kelapa dan kaya akan terumbu karang yang dilestarikan. Di sinilah letak surga wisata pulau yang eksklusif, Amanpulo. Dikelola di bawah manajemen Aman resort, Amanpulo memberi pengalaman berwisata yang unik dan eksklusif di pulau pribadi bergaya tradisional rakyat Filipina.

Resort ini memiliki kapasitas 40 villa yang sebagian dibangun di atas laut, sementara yang lainnya berada di puncak pepohonan. Kenyamanan dan privasi pengunjung sangat diutamakan di lokasi ini, sehingga para tamu bisa menikmati waktu liburnya tanpa gangguan. Karena merupakan lokasi tumbuhnya terumbu karang, maka tempat ini cocok bagi pengunjung yang menyukai diving maupun snorkeling.

Untuk tiba di lokasi ini, satu-satunya transportasi yang tersedia adalah dengan menggunakan pesawat pribadi yang terbang dari Manila dalam durasi satu jam. Saat yang paling ideal untuk berlibur ke pulau ini adalah pada bulan Desember hingga Maret.

Informasi dan reservasi:

  • Amanpulo www.amanresorts.com

Artikel pernah dimuat di Majalah Mandiri Prioritas edisi 3/2015. 

7 thoughts on “Private Leisure in Private Islands”

  1. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You obviously know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us something enlightening to read?

  2. After checking out a few of the articles on your web page, I seriously appreciate your technique of writing a blog. I added it to my bookmark webpage list and will be checking back in the near future. Take a look at my website too and let me know your opinion.|

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *