Rock Your Workout!

Tren terbaru untuk tubuh lebih bugar, ramping, dan kencang.

Semua orang tentu ingin tubuhnya sehat dan bugar agar aktivitas sehari-hari berjalan tanpa hambatan. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan tubuh bugar dan sehat, di antaranya dengan berolahraga – high impact maupun low impact tidak masalah, yang penting tubuh bergerak hingga berkeringat!

Cardio jam session

Bicara latihan cardio, biasanya yang segera terpikirkan adalah lari, aerobik, atau yang sedang marak akhir-akhir ini, Zumba. Di Amerika Serikat, saat ini ada tren baru olahraga jenis cardio jam session, yaitu Pound. Latihan ini menggabungkan gerakan light resistance dengan teknik drumming (gerakan tangan seperti menggebuk drum) yang dilakukan terus menerus. Jadi saat latihan, Anda akan memegang alat serupa stik drum yang disebut Ripstix™, yang harus Anda gerakkan sepanjang latihan mengikuti irama musik. Asyik, bukan?

Tak hanya bakar kalori

Tujuan utama mereka yang berolahraga tentu saja adalah membakar kalori. Melalui latihan Pound, jumlah kalori yang dibakar adalah sekitar 400-900+ kkal per jam, sekaligus memperkuat dan membentuk otot yang biasanya jarang dilatih. Latihan ini akan mengasah ritme, timing, koordinasi, kecepatan, kegesitan, ketahanan, serta musikalitas Anda, persis seperti drummer yang sesungguhnya. Sepanjang latihan, akan ada sekitar 15.000 gerakan tangan yang akan Anda lakukan, layaknya beradu ketukan dengan drummer kawakan Aksan Syuman, Gilang Ramadhan, atau Travis Barker.

 Apabila diperhatikan, Pound memformulasi gerakan latihannya sedemikian rupa, sehingga kita akan mendapatkan manfaat latihan cardio, pilates, gerakan isometric, plyometric, juga yoga. Hasil akhir yang didapatkan tentu saja tubuh yang lebih ramping dan kencang, yang diraih sambil menghentak ketukan seiring musik favorit: rock, rap, dubstep, pop, bahkan lagu-lagu lama yang sudah familiar di telinga kita.          

Banyak manfaat sehat

Dalam jangka panjang, latihan ini diharapkan akan bisa memberi manfaat sehat yang lebih besar, di antaranya:

  • membantu memperbaiki konsentrasi dan kemampuan untuk fokus,
  • meningkatkan kemampuan berpikir dan lebih terampil dalam mengambil keputusan,
  • membantu memperkuat sistem imum,
  • menurunkan tekanan darah dan nyeri kronis,
  • mengurangi kegelisahan dan kelelahan yang diakibatkan oleh stress.

Karena latihan ini sudah dikemas lengkap dan teratur, meski tak ikut kelas khusus di gym, Anda bisa berlatih sendiri di rumah melalui DVD latihan yang bisa Anda beli langsung dari Internet. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan waktu latihan dengan jadwal harian Anda sendiri. Tapi ingat, dibutuhkan komitmen dan keteraturan agar manfaat kebugarannya bisa Anda dapatkan secara optimal.

Bukan stik drum biasa

Ada yang menarik tentang Ripstix™, yaitu stik khusus berwarna hijau neon yang digunakan dalam latihan Pound. Ternyata, kedua penggagas Pound –  Kirsten Potenza dan Cristina Peerenboom – sengaja memilih warna ini melalui hasil penelitian ilmiah. Warna hijau neon secara neurologis terbukti mampu menstimulasi otak secara lebih baik dalam mendeteksi gerakan, sehingga bukan saja tubuh yang terstimulasi, otak Anda pun ikut berlatih, memberi manfaat power brain boosting dan stress-relieving. Selain itu, warna hijau neon menambah kesan menyenangkan saat berlatih. Green is fun!

Meski mirip dengan stik drum biasa, Ripstix™ lebih berat (1/4 lb. atau sekitar 113 gram), namun dengan ukuran lebih pendek (sekitar 40cm). Alat ini dirancang sedemikian rupa untuk memaksimalkan gerakan lengan dan latihan Anda secara keseluruhan.

Artikel pernah dimuat di Majalah Mandiri Prioritas 2016.

6 thoughts on “Rock Your Workout!”

  1. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on a variety of websites for about a year and am concerned about switching to another platform. I have heard excellent things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts into it? Any help would be greatly appreciated!|

  2. I really love your website.. Very nice colors & theme. Did you develop this site yourself? Please reply back as I’m trying to create my very own website and would love to find out where you got this from or just what the theme is named. Cheers!|

  3. That is very fascinating, You’re an overly skilled blogger. I’ve joined your rss feed and stay up for looking for extra of your fantastic post. Also, I have shared your web site in my social networks|

  4. Whats up very cool blog!! Guy .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your website and take the feeds also? I am happy to seek out numerous helpful information right here in the put up, we’d like develop more strategies on this regard, thanks for sharing. . . . . .|

  5. Si un hombre no tiene una erección dentro de este lapso, puede que los tejidos en su pene se debiliten. Detallamos aquí las diferentes diagnósticos y evaluaciones sobre la disfunción erectil o impotencia. Informe a su médico si el tadalafilo no le está haciendo efecto o si tiene efectos secundarios.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *